Pesawat Kertas sebagai Media Fun Learning Gaya dan Pengaruhnya

 
Pesawat Kertas sebagai Media Fun Learning Gaya dan Pengaruhnya

Siapa sih yang tidak pernah bermain pesawat kertas atau setidaknya pernah melihat pesawat kertas? Ya, permainan sederhana yang sering dimainkan anak-anak. Bahkan ketika istirahat sekolah, anak-anak memanfaatkannya untuk memainkannya. Menyenangkan.
 
Ternyata, kita bisa memanfaatkannya sebagai media fun learning untuk materi gaya dan pengaruhnya, lho. Bagaimana bisa? Dalam permainan tersebut, banyak gaya yang bekerja, yaitu:
 

1.    Gaya Otot

Terjadi saat kita melipat kertas, dan saat kita menerbangkannya. Saat melipat kertas, gaya otot mengubah bentuk kertas. Saat menerbangkan pesawat, gaya otot membuat benda diam menjadi bergerak.
 

2.    Gaya Gesek

Terjadi saat pesawat terbang di udara. Saat terbang tersebut, terjadi gaya gesek antara pesawat kertas dengan udara. Pengaruhnya, pesawat jadi melambat. Kemudian, terjadi juga saat pesawat mendarat di tanah/di lantai yang menyebabkan pesawat berhenti.
 

3.    Gaya Gravitasi

Terjadi saat pesawat di udara, kemudian perlahan turun. Akibatnya, pesawat yang berada di udara menjadi jatuh ke tanah/lantai. 
 
Pesawat Kertas sebagai Media Fun Learning Gaya dan Pengaruhnya
Anak bermain pesawat kertas | pixabay.com

Baca Juga: Permainan Ular Tangga sebagai Media Fun Learning Perkalian

Cara Bermain

Untuk cara bermainnya, masing-masing Bapak/Ibu memang bisa memvariasinya sesuai kreativitas. Pada kesempatan kali ini, saya berbagi apa yang sudah saya lakukan di pembelajaran kelas saya.
 
1. Anak-anak saya berikan 2 lembar kertas bekas.
Ini saya berikan sebagai sebuah modal. Jadi, anak-anak harus memanfaatkan modal yang ada tanpa harus mengambil kertas yang lain. Selain itu, juga untuk membatasi kertas yang digunakan agar tidak menimbulkan banyak sampah.
 
2. Anak-anak diberikan kebebasan untuk membuat pesawat kertas.
Biarkan anak-anak berimajinasi sesuai dengan pengetahuannya selama ini. Tujuannya, agar kreativitas mereka terasah dan belajar mencari “strategi” agar pesawatnya bisa terbang dengan baik.
 
3. Ajak anak-anak adu terbang
Nah, ini bagian menariknya. Agar lebih seru, saya mengajak anak-anak untuk membuat pesawat yang dapat terbang lebih lama. Semakin lama terbang, dia yang menang. Biasanya saya menggunakan stopwatch untuk menghitung seberapa lama pesawat anak-anak dapat terbang.
 
4. Ajak anak-anak untuk berdiskusi
Tak hanya bermain, tentunya anak-anak juga diajak untuk mengaitkan permainan ini dengan materi pembelajaran, yaitu gaya dan pengaruhnya. Jadi, ajak mereka untuk mengidentifikasi gaya apa saja yang bekerja dan pengaruh masing-masing gaya terhadap bentuk atau gerak benda.

Fun learning seperti ini akan selalu terekam dalam memori anak-anak. Tak hanya tentang materinya, tapi juga tentang pengalaman bermakna yang mereka dapatkan.

Sebelumnya saya telah membagikan media powerpoint gaya dan pengaruhnya. Akitivitas ini mendukung pemahaman dari pemaparan materi yang telah disampaikan melalui media powerpoint tersebut.

Baca Juga: Gaya dalam Kehidupan Sehari-hari
Semoga Anda terbantu/terinspirasi melalui sharing saya ini untuk menciptakan fun learning di pembelajaran kelas Bapak/Ibu sekalian.