Gaya dalam Kehidupan Sehari-hari | Bagian Gaya Otot dan Gaya Gesek

 

Gaya dalam Kehidupan Sehari-hari | Bagian Gaya Otot dan Gaya Gesek

 

Apakah kamu pernah menamani orang tuamu berbelanja keperluan rumah? Di beberapa tempat perbelanjaan biasanya disediakan troli. Troli dapat digerakkan dengan cara didorong atau ditarik. Mendorong atau menarik merupakan salah satu bentuk gaya. Menurutmu, apa yang dimaksud dengan gaya? Apa saja gaya yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari? Untuk itu, mari kita pelajari pada video berikut ini!

Selain troli, kegiatan lain yang menggunakan gaya adalah membuka atau menutup pintu. Pintu yang didorong akan terbuka ke arah dalam. Ketika kita mendorong pintu berarti kita memberi dorongan. Akibat yang timbul karena dorongan adalah daun pintu bergerak. Demikian juga pada pintu yang ditarik. Jadi, tarikan pada pintu akan mengakibatkan daun pintu bergerak.

Dari contoh-contoh tadi, kita dapat mengartikan gaya. Gaya merupakan tarikan atau dorongan. Akibatnya, benda yang menerima gaya akan bergerak. Apa saja contoh gaya yang dapat kita temui? Menutup pintu, membuka pintu mobil dari dalam, dan menekan bel pintu merupakan contoh gaya berupa dorongan.

 

 

Mengangkat ember dan permainan tarik tambang merupakan contoh gaya berupa tarikan. Kamu pernah bermain Tarik tambang juga? Menyenangkan pastinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa jenis gaya, yaitu gaya otot, gaya gesek, gaya magnet, gaya pegas, gaya gravitasi, dan gaya mesin.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang gaya otot dan gaya gesek. Gaya yang lainnya akan dibahas pada kesempatan lain.


Gaya Otot

Gaya otot banyak digunakan manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa aktivitas manusia menggunakan gaya otot, antara lain mengangkat ember, bermain sepak bola, bermain Tarik tambang, dan bermain jungkat-jungkit.

Gaya Gesek

Gaya gesek terjadi Ketika permukaan dua benda yang bergerak saling bersentuhan. Semakin kasar permukaan benda, maka semakin besar gaya geseknya. Sebaliknya, semakin licin permukaan benda, maka semakin kecil gaya geseknya. Gaya gesek juga menyebabkan benda yang semula bergerak menjadi melambat kemudian berhenti.

 

Apakah kamu sudah paham dengan penjelasannya tadi? Kalau sudah, coba jawab pertanyaan ini.

Ada seorang anak mendorong meja. Meja pertama berada di atas lantai keramik, sedangkan meja kedua berada di atas karpet. Menurutmu, mana meja yang lebih mudah didorong? Tuliskan di kolom komentar ya?

 

Simak video selengkapnya berikut ini!