√ TERBARU - Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Kelas IV SD Kurikulum 2013 - Anton DKei
Switch Mode |
Loading post...

TERBARU - Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Kelas IV SD Kurikulum 2013

 

Seiring berkembangnya zaman, pendidikan juga harus berkembang. Salah satu indikator mutu pendidikan dapat dilihat dari pembelajaran dan proses penilaian. Di tengah pandemi ini, tentunya pendidikan juga sedikit terhambat karena tidak ada tatap muka. Namun, bukan berarti penilaian tidak dapat dilaksanakan.


Agar penilaian dapat dilaksanakan, maka bentuk soal pun juga harus berbeda. Jika sebelumnya (mungkin) kita terbiasa memakai soal yang berbentuk hafalan, maka di masa ini, kita harus mengubahnya menjadi soal yang membantu anak berpikir, bukan menghafal. Belajar menemukan solusi dan menyelesaikan masalah, bukan hafalan materi-materi yang begitu banyak.

Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya, apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian harian.

Ada dua bentuk soal yang saya berikan di sini, yang pertama berbentuk softcopy file word document. Sedangkan yang satunya berbentuk link soal penilaian harian online yang saya berikan untuk anak didik saya.
 

Pemetaan KD Per Muatan Pelajaran

No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
1
PPKn
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
2
B. Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
3
IPA
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4
IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan osial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
5
SBdP
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi.

 

Kerjakan soal-soal berikut dengan jelas dan benar!

1. Amatilah simbol Pancasila berikut ini!
Berikut ini yang merupakan makna yang sesuai dengan simbol tersebut adalah …
a. Mengutamakan kebenaran dan keadilan.
b. Setiap warga negara bebas melaksanakan ibadahnya.
c. Mau bekerja sama walau berbeda-beda.
d. Toleransi antar umat beragama.


2. Bacalah cerita berikut ini!
Made adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun tinggal lama di Jakarta, logat bahasa Made masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu sering membuat Agus sering menertawakan Made. Agus sering mengejek Made. Hal itu membuat Made sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk berbicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Agus. Hari ini Made tidak masuk sekolah karena malu.
Sikap Agus belum sesuai dengan sila Pancasila …
a. Pertama, karena Made tidak mensyukuri anugerah yang diberikan oleh Tuhan.
b. Kedua, karena merendahkan Made yang memiliki logat bahasa yang berbeda dengannya.
c. Kedua, karena Made merendahkan Agus yang berasal dari daerah yang berbeda dengannya.
d. Ketiga, karena tidak dapat menjalin kerja sama yang baik dengan Made.

3. Bacalah penggalan cerita berikut ini!
Dokter FX Sudanto mengabdikan dirinya di ujung timur Indonesia khususnya di Abepura Papua. Namun, ketulusan hatinya membuat orang terenyuh karena ia hanya memasang tarif Rp 2.000 ke pasiennya. Total, sudah lebih dari 30 tahun, Sudanto mengabdikan hidupnya sebagai dokter di sana.
Sudanto memang sudah pensiun sejak tahun 2003. Meski demikian, dia tetap membuka praktik di rumahnya di distrik Abepura. Dia merasa, tenaganya masih dibutuhkan warga.

Sikap dokter FX Sudarto yang mencerminkan pengamalan sila kedua Pancasila adalah … .

4. Perhatikan daftar perilaku berikut ini!
    1)    Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
    2)    Memajukan pergaulan hanya dengan sesama suku bangsa.
    3)    Bersikap semena-mena terhadap orang lain.
    4)    Mengembangkan sikap tenggang rasa.
Berdasarkan daftar di atas, perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah … .

5. Bacalah cerita berikut ini!
Suatu hari, Martin mendapat giliran piket kelas bersama Karel, Sinta dan Lusia. Mereka datang ke sekolah lebih awal. Sebelum mulai membersihkan kelas, mereka membagi tugas dengan adil. Karel dan Sinta menyapu lantai. Lusia membersihkan dan mengelap kaca. Martin membersihkan sampah yang ada di laci meja. Saat Martin membersihkan laci meja Dian, Martin menemukan uang. Teman-teman yang juga bertugas piket tidak mengetahui ada uang di laci meja Dian. Dia pun belum datang ke sekolah.
 
a. Bagaimana sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila yang perlu dilakukan Martin?
………………………………………………………………………………………………

b. Apa manfaat dari sikap tersebut bagi Martin, Karel dan teman-teman sekelasnya?
………………………………………………………………………………………………

Bacalah cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!

    Di sebuah desa, hiduplah seorang anak gembala yang bekerja pada seorang yang kaya. Tugasnya adalah untuk merawat dan menjaga domba-domba milik majikannya. Sang majikan berpesan apabila ada serigala datang, ia bisa berteriak sehingga orang-orang desa akan datang membantu. Kegiatannya sehari-hari yang hanya menggembalakan domba di dekat hutan membuat si anak merasa bosan. Selagi menunggu, hal yang dilakukannya hanyalah memainkan seruling atau bermain dengan anjingnya. Hingga terbesit di pikirannya untuk melakukan suatu tindakan yang tidak terduga.
    Tiba-tiba ia berteriak “Serigala, serigala! Tolong ada serigala.” Mendengar teriakan anak tersebut  warga desa berdatangan dan berniat untuk membantu anak gembala. Namun, saat mendapati ternyata anak gembala hanya bercanda dan melakukannya karena bosan, mereka pun kesal lalu kembali pulang. Ternyata perbuatan itu tak hanya dilakukan sekali, selang beberapa hari kemudian ia melakukannya lagi. Saat mendapati si anak gembala malah tertawa terbahak-bahak, tentu saja itu membuat warga desa marah.
    Pada suatu sore, segerombolan serigala benar-benar datang dan memangsa domba yang digembalakannya. Dengan ketakutan, ia berteriak minta tolong lagi. Namun kali ini tak ada warga desa yang membantu karena mereka tidak percaya lagi. Akhirnya, sekumpulan serigala tersebut berhasil memangsa banyak domba dan membawanya masuk ke hutan. Kejadian tersebut membuatnya menyesal dan tak akan mengulangi perbuatannya yang sembrono lagi.
 
6. Watak tokoh dan watak tokoh dalam cerita tersebut adalah ...
a. Warga desa, memiliki watak yang baik hati   
b. Anak gembala, memiliki sifat suka menolong.
c. Anak gembala, memiliki sifat pembohong.
d. Serigala, memiliki sifat sembrono.

7. Pendapat yang sesuai tentang sifat tokoh dalam cerita tersebut adalah ...
a. Kita harus berteriak jika ada serigala.
b. Kita harus memanfaatkan waktu dengan baik.
c. Orang yang suka berbohong tidak akan dipercaya lagi.
d. Jika kita rajin bekerja kita akan menjadi pengusaha yang kaya.

Bacalah teks cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 8-10!
Ada seekor kura-kura yang sombong dan merasa dirinya lebih pantas terbang dibandingkan berenang di perairan. Ia jengkel karena memiliki tempurung keras yang membuat tubuhnya terasa berat. Ia pun kesal melihat kawan-kawannya sudah berpuas diri dengan berenang. Saat melihat burung yang bebas terbang di langit, kejengkelannya kian bertambah.
Suatu hari, kura-kura ini memaksa seekor angsa untuk membantunya terbang. Si angsa setuju. Ia mengusulkan agar si kura-kura berpegangan pada sebatang kayu yang akan diangkatnya.
Karena tangan kura-kura agak lemah, ia menggunakan mulutnya yang lebih kuat. Ia pun akhirnya bisa terbang dan merasa bangga. Melihat teman-temannya yang tengah berenang, ia ingin menyombongkan diri. Ia lupa bahwa mulutnya harus terus dipakai untuk menggigit kayu. Secara tidak sadar kura-kura tersebut membuka mulutnya dan kemudian Ia pun terjatuh dengan keras. Beruntung, ia selamat berkat tempurung yang pernah dibencinya.
 
8. Tokoh utama yang terdapat dalam cerita tersebut adalah … . 

9. Apakah kamu suka dengan cerita tersebut? Mengapa?
……………………………………………………………………………………………………

10. Apa pendapatmu tentang tokoh tersebut? Jelaskan pendapatmu!
……………………………………………………………………………………………………
 
11. Perhatikan daftar perilaku berikut ini!
    1)    Melakukan kegiatan menanam pohon terhadap tanah yang sudah gundul.
    2)    Menggunakan pestisida dalam industri pertanian secara berlebihan.
    3)    Menerapkan sistem tebang tanam dalam kegiatan penebangan hutan.
    4)    Menggunakan pukat harimau dalam menangkap ikan.
Perilaku pemanfaatan sumber daya alam yang ramah lingkungan ditunjukkan oleh nomor … .
a. 1 dan 2        b. 1 dan 3        c. 2 dan 3        d. 3 dan 4

12. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1)    Para nelayan boleh menggunakan bom ikan untuk dapat menangkap ikan dengan banyak.
2)    Penggunaan panel surya untuk lampu penerangan di jalan raya.
3)    Menggunakan truk untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.
4)    Memanfaatkan gergaji mesin untuk menebang pohon sebanyak-banyaknya.
Teknologi yang ramah lingkungan dalam penggunaan sumber daya alam ditunjukkan oleh nomor … .
a. 1 dan 2        b. 1 dan 3        c. 2 dan 3        d. 2 dan 4

13. Bacalah teks berikut ini!
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya laut serta memiliki pesisir laut yang sangat luas. Namun pesisir terus mengalami kerusakan karena berbagai faktor, seperti pembangunan fisik yang terus dilakukan, penghancuran tanaman pantai, eksploitasi sumber daya secara berlebihan dengan menggunakan teknologi modern,  dan perusakan terumbu karang. Oleh karena itu, perlu ada penanganan sehingga memberikan kontribusi positif dalam isu perubahan iklim global.
Sikap dan tindakan yang diperlukan untuk mencegah eksploitasi berlebihan adalah … .

14. Amatilah gambar berikut ini!
Berdasarkan ilustrasi tersebut, apa fungsi penting tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia?
……………………………………………………………………………………………………
15. Amatilah gambar berikut ini!
Apa saja dampak yang terjadi dari penggunaan teknologi dalam menangkap ikan tersebut bagi keberadaan sumber daya alam?
……………………………………………………………………………………………………
 

16. Bacalah teks berikut ini!
Pak Andi adalah seorang petani. Ia memiliki ladang yang luas. Ladang tersebut ditanami dengan berbagai tanaman. Setiap tahunnya, pak Andi dapat menghasilkan banyak hasil pertanian, di antarannya: padi, cabai, jagung, kedelai, dan masih banyak lainnya.

Pekerjaan pak Andi termasuk penghasil barang, karena …
a. Beliau bekerja dan menghasilkan pelayanan.   
b. Beliau bekerja lebih dari 1 minggu.
c. Hasil pekerjaannya berupa hasil pertanian.    
d. Hasil pekerjaannya dijual kepada masyarakat.


17. Bacalah teks berikut ini!
Pak Bastian adalah seorang pelukis. Lukisannya banyak dijual di galeri. Pak Bastian sering mendapatkan pesanan untuk melukis wajah atau bentuk-bentuk lain. Berbeda dengan pak Bastian, bu Bernadeth adalah penjahit. Bu Bernadeth menerima pesanan orang- orang yang ingin membuat baju. Meskipun pekerjaan mereka berbeda, mereka berteman baik. Tidak pernah terpikir oleh pak Bastian bahwa pekerjaannya lebih baik dibandingkan pekerjaan bu Bernadeth. Begitu pula sebaliknya.
Pekerjaan pak Bastian dan bu Bernadeth merupakan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang, karena …
a. Mereka berteman baik meskipun memiliki pekerjaan yang berbeda.
b. Pak Bastian seorang pelukis, dan bu Bernadeth seorang penjahit.
c. Pak Bastian menghasilkan lukisan, dan bu Bernadeth menghasilkan pakaian.
d. Mereka sama-sama menghasilkan pelayanan kepada masyarakat.

18. Perhatikan gambar berikut ini!


Urutan alur pendistribusian ikan yang tepat adalah … .


19. Amatilah gambar berikut ini!
Tuliskan macam-macam kegiatan ekonomi yang terdapat di tempat pada gambar tersebut!
……………………………………………………………………………………………………

20. Amatilah gambar berikut ini!
Tuliskan pekerjaan-pekerjaan yang ada di tempat pada gambar tersebut!

21. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!
Urutan langkah-langkah membuat pot yang tepat adalah … .

22. Amatilah gambar berikut ini!
 
Bagaimana langkah-langkah menggambar gambar tersebut?
………………………………………………………………………………………………………

23. Perhatikan karya-karya berikut ini! 
Bagaimana cara kita mengapresiasi karya-karya seperti gambar tersebut?
……………………………………………………………………………………………………

 

Formulir Kontak