√ TERBARU - Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Kelas IV SD Kurikulum 2013 - Anton DKei
Switch Mode |
Loading post...

TERBARU - Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Kelas IV SD Kurikulum 2013

 

Seiring berkembangnya zaman, pendidikan juga harus berkembang. Salah satu indikator mutu pendidikan dapat dilihat dari pembelajaran dan proses penilaian. Di tengah pandemi ini, tentunya pendidikan juga sedikit terhambat karena tidak ada tatap muka. Namun, bukan berarti penilaian tidak dapat dilaksanakan.


Agar penilaian dapat dilaksanakan, maka bentuk soal pun juga harus berbeda. Jika sebelumnya (mungkin) kita terbiasa memakai soal yang berbentuk hafalan, maka di masa ini, kita harus mengubahnya menjadi soal yang membantu anak berpikir, bukan menghafal. Belajar menemukan solusi dan menyelesaikan masalah, bukan hafalan materi-materi yang begitu banyak.

Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya, apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian harian.

Ada dua bentuk soal yang saya berikan di sini, yang pertama berbentuk softcopy file word document. Sedangkan yang satunya berbentuk link soal penilaian harian online yang saya berikan untuk anak didik saya.
 

Pemetaan KD Per Muatan Pelajaran

No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
1
PPKn
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
2
B. Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
3
IPA
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4
IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan osial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
5
SBdP
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi.

 

Kerjakan soal-soal berikut dengan jelas dan benar!

 1.    Amatilah simbol Pancasila berikut ini!
Berikut ini yang bukan merupakan makna yang sesuai dengan simbol tersebut adalah …
a. Percaya adanya Tuhan sehingga setiap warga negara rela untuk diatur.
b. Setiap warga negara bebas memeluk agama masing-masing.
c. Toleransi antar umat beragama dan sesama umat beragama.
d. Mampu bekerja sama dengan semua orang.

 
2.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
        1)    Berdoa ketika bangun tidur di pagi hari.
        2)    Membantu teman yang terjatuh dari sepeda.
        3)    Menghormati teman yang sedang menjalankan ibadah puasa.
        4)    Bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah.
        5)    Mempersilakan teman yang hendak menjalankan ibadah.
Sikap yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila adalah nomor … .
a. 2, 3, dan 4        b. 1, 2, dan 4        c. 1, 3, dan 5        d. 3, 4, dan 5

3.    Bacalah penggalan cerita berikut ini!
Mario adalah seorang anak Katolik yang taat. Setiap hari Minggu, dia akan pergi ke gereja. Pada hari Minggu ini, dia jatuh sakit, sehingga tidak dapat pergi ke gereja  bersama dengan keluarganya. Hal itu tidak mengendurkan semangatnya untuk tetap berdoa. Ketika keluarganya pergi ke gereja, ia berdoa sendirian di dalam kamarnya.
Mario sudah menunjukkan pengamalan Pancasila sila ... .

4. Bacalah penggalan cerita berikut ini!
Setiap pagi, keluarga Mita selalu sarapan bersama. Pagi ini, adik Mita yang bernama Dito bangun kesiangan. Dito sarapan terburu-buru dan lupa berdoa. Ayah menegur Dito karena tidak berdoa sebelum makan. 

a. Sikap Dito tidak sesuai dengan nilai luhur dalam sila pertama Pancasila. Sikap apakah yang dimaksud?
.................................................................

b. Bagaimana sikap Dito seharusnya?
.................................................................

 

5. Amatilah gambar berikut ini!

Apakah perbuatan pada gambar tersebut telah mengamalkan sila pertama Pancasila? Mengapa?
.................................................................

 

Bacalah cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 6 dan 7! 

Dahulu kala, ada seorang petani yang memiliki seekor angsa yang sangatlah cantik, di mana setiap hari ketika petani tersebut mendatangi kandang angsa, sang Angsa telah menelurkan sebutir telur emas yang berkilauan.

Petani tersebut mengambil dan membawa telur-telur emas tersebut ke pasar dan menjualnya sehingga dalam waktu yang singkat petani tersebut mulai menjadi kaya. Tetapi tidak lama kemudian keserakahan dan ketidaksabaran petani itu terhadap sang Angsa muncul karena sang Angsa hanya memberikan sebutir telur setiap hari. Sang Petani merasa dia tidak akan cepat menjadi kaya dengan cara begitu.

Suatu hari, setelah menghitung uangnya, sebuah gagasan muncul di kepala petani, gagasan bahwa dia akan mendapatkan semua telur emas sang Angsa sekaligus dengan cara memotong sang Angsa. Tetapi ketika gagasan tersebut dilaksanakan, tidak ada sebuah telur yang dapat dia temukan, dan angsanya yang sangat berharga terlanjur mati dipotong.


6. Sifat yang dimiliki oleh petani tersebut adalah ... .
    a. serakah dan tidak sabar   
    b. serakah dan pembohong
    c. jujur dan baik hati
    d. suka memberi dan rendah hati
 
7. Petani tersebut dapat cepat kaya raya karena ...
    a. petani tersebut bekerja keras setiap hari   
    b. petani tersebut tidak pernah menyerah
    c. mendapatkan telur-telur emas dari angsa ajaib  
    d. memiliki pertanian yang sangat luas

Bacalah cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 8 -10!

Kelinci Sang Penakluk

Di sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang singa ganas itu membuat  peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya. Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu minta maaf kepada sang singa yang ganas itu.  “Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata si kelinci. Kemudian, singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut,“ Mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”  “Ya sang raja,  dia ada di dalam sumur itu.”    Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci Sang singa yang ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.

 

8. Bagaimana sikap tokoh singa dalam cerita tersebut?

.................................................................

 
9. Bagaimana sikap tokoh kelinci dalam cerita tersebut?

.................................................................


10. Sikap apa yang dapat diambil dari cerita tersebut? 

.................................................................

 

11. Bacalah paragraf berikut ini!
Dalam menjalani aktivitas, kita biasanya dengan mudah menemukan lembaran kertas, misalnya di tempat belajar seperti sekolah atau kampus, kantor, atau supermarket. Hal tersebut membuktikan jika kertas merupakan komponen penting dalam menopang aktivitas manusia.
Namun sayangnya, di tengah ketergantungan manusia akan lembaran kertas, tersimpan masalah lingkungan di dalamnya, terlebih jika digunakan secara masif. Sekadar informasi, melansir laman tiredearth, setiap 12.000 kertas yang dihasilkan mengorbankan satu pohon di hutan. Maka tak heran, Peneliti World Research Institute (WRI), Frances Seymour, menyebut jika sejak tahun 2000 hingga 2017 hampir 10 persen hutan ditebang.
 
Alasan pentingnya kita membatasi penggunaan kertas adalah …
a. Agar tidak menghabiskan banyak kertas.
b. Agar pabrik kertas tetap bisa beroperasi dengan lancar.
c. Agar kita dapat menggunakan kertas untuk keperluan sehari-hari.
d. Agar kelestarian pohon di hutan tetap terjaga.

12. Amatilah gambar berikut ini!
Penyebab terjadinya pencemaran air pada lingkungan seperti gambar tersebut adalah …
a. Perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan.
b. Masyarakat menebang pohon di hutan.
c. Banyak orang menangkap ikan di sungai.
d. Penggunaan pestisida dan bahan kimia berbahaya.

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
Botol plastik menjadi salah satu penyumbang terbesar sampah yang mengambang bebas di lautan. Betapa tidak, gaya hidup manusia zaman modern yang serba praktis membuat penggunaan botol sekali pakai itu tak dapat dihindari. Bumi kian tak lestari karena sampah plastik. Daratan, lautan, bahkan udara tercemari oleh partikel-partikel paling kecil yang belum rampung terurai.
Daripada merugikan alam atau bahkan diri sendiri, ada baiknya jika Anda mulai berpikir untuk memanfaatkan sampah botol plastik yang digunakan. Sampah botol plastik bisa menjadi apa saja. Beragam cara bisa dipilih untuk menggunakan kembali botol. Di antaranya adalah untuk membuat ecobrick atau bata ramah lingkungan, pot tanaman, lampu hias, wadah serbaguna, dompet, dan masih banyak lagi. Tinggal bagaimana kita berkreasi untuk meraciknya.

13. Pemanfaatan sampah plastik begitu penting bagi kelestarian lingkungan, karena … .


14. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan sampah plastik adalah … .
 
15. Amatilah gambar berikut ini!

Apa saja dampak pemanfaatan kayu yang tidak terkontrol terhadap alam?
.................................................................
 

16. Amatilah gambar berikut ini! 

Tuliskan apa saja manfaat hutan bakau bagi kelestarian lingkungan alam!

.................................................................
 
17. Perhatikan daftar pekerjaan di daerah pegunungan berikut ini!

    1)    Mengelola vila/hotel/penginapan
    2)    Mengelola taman rekreasi
    3)    Bertani
    4)    Jasa air minum kemasan
    5)    Buruh perkebunan
Pekerjaan masyarakat di daerah pegunungan berbeda dengan pekerjaan masyarakat di dataran rendah. Hal ini terjadi karena …
a. Masyarakat memanfaatkan kondisi lingkungan dan sumber daya alam yang ada.
b. Masyarakat dataran rendah memiliki kemampuan yang lebih baik.
c. Masyarakat dataran tinggi lebih suka berkebun.
d. Masyarakat dataran tinggi dan dataran rendah memiliki kemampuan yang sama.

 
18. Amatilah gambar berikut ini!

Macam-macam pekerjaan yang terdapat pada daerah seperti gambar tersebut adalah … .
a. nelayan, pembuat roti, petani
b. nelayan, penjual ikan, pedagang
c. nelayan, penjual ikan, peternak
d. nelayan, pedagang, petani sayur

 

19. Bacalah teks berikut ini!
Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di beberapa wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Ada pula yang berada pada ketinggian 800–1200 meter di atas permukaan laut. Namun pada ketinggian ini, hasil perkebunannya tidak sebaik hasil dari perkebunan di daerah yang lebih tinggi. Aroma teh yang dihasilkan di sini tidak sewangi teh di perkebunan yang lebih tinggi. Pada ketinggian ini, kebun teh memerlukan pohon pelindung tetap dan memerlukan material penutup tanah untuk menjaga kelembapan tanah. Di balik secangkir teh yang biasa kita minum setiap hari, dapat diketahui bahwa lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan rasa teh. Lingkungan yang tepat akan memberikan hasil yang baik.

Pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan keadaan lingkungan tersebut adalah …

20. Amatilah gambar berikut ini!

Apa saja pekerjaan yang terdapat di lingkungan seperti gambar tersebut?

.................................................................

 

21. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!


Urutan langkah-langkah menggambar pemandangan laut yang tepat adalah … .


22.    Amatilah gambar berikut ini!

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggambar gambar tersebut adalah … .

23.    Amatilah gambar berikut ini!

Tulislah apresiasi terhadap karya tersebut!

.................................................................


 

Formulir Kontak