√ Sifat-sifat Bunyi dan Pemanfaatannya - Media Powerpoint - Anton DKei
Switch Mode |
Loading post...

Sifat-sifat Bunyi dan Pemanfaatannya - Media Powerpoint

Halo para pengunjung sekalian, masih sehat ya? Semoga kita semua tetap diberikan kesehatan sehingga dapat beraktivitas dengan baik.

Kali ini saya akan membagikan media pembelajaran powerpoint tentang Sifat-sifat Bunyi dan Pemanfaatannya. Media ini saya pakai untuk pembelajaran saya. Selama pandemi covid-19 ini, tentunya saya sebagai pendidik juga harus ekstra dalam menyiapkan materi dan media pembelajaran. Media yang paling mudah saya buat untuk pembelajaran jarak jauh adalah powerpoint.

Maka, pada kesempatan kali ini, seperti biasa saya membagikan kepada para pendidik yang membutuhkan media pembelajaran. Tentunya hal ini saya lakukan guna mempermudah dan membantu para pendidik untuk mengajar. Karena, saya tahu juga, tidak mudah dalam membuat media pembelajaran. Semoga dapat membantu.



Perhatian:
Media powerpoint ini dapat langsung digunakan, dengan cara memilih "Menu Opsi", lalu "Masuk ke layar penuh".

 

ENERGI BUNYI

Bunyi merupakan segala sesuatu yang dapat didengar oleh telinga kita. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar, yaitu sumber bunyi. Bunyi merupakan bentuk energi.

Bunyi memiliki sifat-sifat yang ternyata juga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apa saja sifat-sifat bunyi tersebut? Yuk, kita bahas satu persatu.

1. Bunyi dapat Merambat

 
Bunyi dapat didengar hingga ke telinga manusia karena terjadi proses perambatan bunyi. Bunyi merambat melalui zat perantara, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Perambatan bunyi paling cepat melalui perantara benda padat, kemudian benda cair, dan paling lambat bunyi merambat melalui gas. Berikut ini adalah contoh perambatan bunyi:
  • Bunyi detak jantung pasien merambat melalui benda padat, yaitu stetoskop ke telinga dokter.
  • Lumba-lumba menggunakan bunyi ultrasonik yang merambat di dalam air untuk berkomunikasi dengan sesamanya.
  • Kita dapat mendengar suatu bunyi karena bunyi tersebut merambat melalui udara dan masuk ke telinga kita.

2. Bunyi dapat Dipantulkan

 Bunyi akan dipantulkan jika mengenai suatu benda. Macam-macam bunyi pantul antara lain:
  • Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli. Contoh bunyi yang memperkuat bunyi asli ini ketika kita menyanyi di kamar mandi, suara kita terdengar lebih nyaring. Hal itu disebabkan jarak antara sumber bunyi dengan bidang pantul amat dekat, sehingga bunyi pantul kembali dalam waktu singkat.
  • Gema, yaitu bunyi pantul yang muncul setelah bunyi asli selesai dikirim. Gema terjadi jika dinding pantul terletak amat jauh dari sumber bunyi. Biasanya terjadi di tebing atau di gua.
  • Gaung, yaitu sebagian bunyi pantul yang terdengar bersamaan dengan bunyi asli sehingga bunyi yang terdengar menjadi tidak jelas. Gaung terjadi di ruang tertutup seperti gedung bioskop dan studio musik.
Bunyi pantul tidak selalu menguntungkan, namun juga dapat merugikan. Hal itu menyebabkan bunyi asli tidak terdengar dengan jelas. Di saat tertentu, bunyi pantul perlu diredam atau dikurangi. Untuk mencegah terjadinya gaung, ruangan dapat dilapisi dengan bahan-bahan yang lunak, contohnya kapas, busa, atau gabus.

Manfaat Pemantulan Bunyi

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa bunyi pantul ternyata juga memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaatnya? 


1. Mengukur Kedalaman Laut

Untuk mengukur kedalaman laut, kapal memancarkan bunyi dari alat yang ada di dasar kapal menuju dasar laut.
Bunyi yang telah sampai di dasar laut akan dipantulkan dan kembali diterima oleh alat tersebut.


2. Mengetahui Kedudukan Benda dalam Laut

Dengan mengarahkan gelombang bunyi ke dalam laut dapat diketahui benda-benda yang ada di dalam laut, misalnya kapal selam dan kelompok ikan.


3. Mendeteksi Keretakan pada Logam

Pancaran gelombang ultrasonik digunakan untuk memeriksa retakan-retakan tersembunyi pada bagian pesawat terbang. Pemeriksaan dilakukan agar menghindari hal-hal yang berbahaya saat penerbangan.


4. USG (Ultrasonografi)

Dalam bidang kedokteran, gelombang ultrasonik dimanfaatkan untuk melakukan pemeriksaan medis ultrasonografi (USG). Alat pemindai ultrasonik akan diletakkan pada kulit perut ibu. Pada layer monitor akan tampak kondisi janin.

Nah, demikian penjabaran saya tentang materi Sifat-sifat bunyi dan Pemanfaatannya. Saya juga telah membuat video pembelajaran tentang materi ini. Bisa kunjungi di channel saya atau tonton di bawah ini

 

Formulir Kontak