√ Energi dan Sumber Energi - Media Pembelajaran Powerpoint - Anton DKei
Switch Mode |
Loading post...

Energi dan Sumber Energi - Media Pembelajaran Powerpoint

Macam-macam energi dan sumber energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Tetapi energi dapat mengalami perubahan dari satu bentuk ke bentuk yang lain.

Ada beberapa jenis energi, yaitu:
  1. Energi panas
  2. Energi Cahaya
  3. Energi Listrik
  4. Energi Bunyi
  5. Energi Kimia
  6. Energi Gerak



Perhatian:
Media powerpoint ini dapat langsung digunakan, dengan cara memilih "Menu Opsi", lalu "Masuk ke layar penuh".


 SUMBER ENERGI

Masing-masing energi memiliki sumber yang disebut sumber energi. Sumber energi adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang dapat menghasilkan energi. Dari manakah energi itu berasal? Yuk, kita bahas satu persatu.
 

1. Matahari


 
Matahari merupakan sumber energi panas dan cahaya. Merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan. Oleh tumbuhan, matahari dimanfaatkan untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen. Panas matahari dimanfaatkan manusia untuk mengerikan pakaian, menjemur ikan, membuat garam. Selain itu, panas matahari juga dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik. 
 

2. Air


 
Air diperlukan makhluk hidup untuk minum dan membersihkan diri. Air bersih diperlukan untuk minum, mandi dan mencuci. Selain itu, aliran air juga dapat menghasilkan energi gerak yang dapat digunakan untuk memutar kincir air. 
 

3. Angin


 
Angin dimanfaatkan untuk menghasilkan energi gerak. Angin dapat memutar kincir angin, mendorong perahu layar, dan mengeringkan pakaian. Selain itu, angin juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. 
 

4. Makanan


 
Bahan makanan menghasilkan energi kimia bagi tubuh. Energi kimia kemudian diubah menjadi energi gerak dan energi panas untuk melakukan aktivitas. 
 

5. Bahan Bakar Fosil


Bahan bakar fosil dihasilkan oleh sisa-sisa makhluk hidup yang terkubur jutaan tahun lamanya. Contohnya adalah minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Minyak bumi diolah menjadi bahan bakar yang menghasilkan energi gerak pada kendaraan.
 

6. Biomassa


 
Sumber energi biomassa berasal dari makhluk hidup. Sumber energi ini dapat berasal dari limbah pertanian, misalnya jagung dan kedelai. Saat ini, di Indonesia juga memiliki energi biomassa yang ramah lingkungan bernama B100 dan D100. Bahan bakar ini terbuat dari olahan kelapa sawit.

Saya juga telah membuat video tentang materi pembelajaran ini. Jika Anda tertarik bisa menontonnya di sini. Jika Anda menikmati video-video saya, silakan like subscribe dan bagikan agar banyak orang terinspirasi dan terbantu dengan video-video saya itu. Tonton video di sini

 

Formulir Kontak