TERBARU - Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Kelas IV SD Kurikulum 2013


Seiring berkembangnya zaman, pendidikan juga harus berkembang. Salah satu indikator mutu pendidikan dapat dilihat dari pembelajaran dan proses penilaian. Di tengah pandemi ini, tentunya pendidikan juga sedikit terhambat karena tidak ada tatap muka. Namun, bukan berarti penilaian tidak dapat dilaksanakan.

Agar penilaian dapat dilaksanakan, maka bentuk soal pun juga harus berbeda. Jika sebelumnya (mungkin) kita terbiasa memakai soal yang berbentuk hafalan, maka di masa ini, kita harus mengubahnya menjadi soal yang membantu anak berpikir, bukan menghafal. Belajar menemukan solusi dan menyelesaikan masalah, bukan hafalan materi-materi yang begitu banyak.

Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya, apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian harian.

Ada dua bentuk soal yang saya berikan di sini, yang pertama berbentuk softcopy file word document. Sedangkan yang satunya berbentuk link soal penilaian harian online yang saya berikan untuk anak didik saya.
No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
1
PPKn
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.  
2
B. Indonesia
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3
IPA
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4
IPS
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia sertahubungannya dengan karakteristik ruang.  
5
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.


Bagi yang mau download filenya bisa akses di sini.

Jika Anda ingin melihat soal Penilaian Harian onlinenya, bisa akses di sini. Untuk Token PH nya bisa diisi dengan kode 20JLT30.