Download Powerpoint dan Materi Homonim Kata

Download Powerpoint dan Materi Homonim Kata

Bahasa Indonesia sungguh menarik untuk dipelajari. Banyak hal yang dapat kita gali dari Bahasa Indonesia. Tak terkecuali tentang homonim kata. Mungkin kita pernah mendengar istilah ini, tetapi tidak paham betul tentang arti dan penjelasannya. Oleh sebab itu, disini kita akan belajar tentang materi homonim kata beserta contoh-contohnya. 


Pengertian

Homonim adalah kata-kata yang ejaan dan pelafalannya sama, tetapi maknanya berbeda.

Pernahkah Anda mendengar dua kata dengan lafal dan ejaan yang sama, tetapi maknanya berbeda? Coba bacalah paragraf berikut ini dengan saksama.

Hari itu, hujan turun dengan deras. (1) Genting di atap rumah Beni pecah sehingga air masuk ke rumah. Beni dan Ibu menyiapkan ember untuk menampung air yang masuk. Ayah dengan sigap memperbaiki atap yang bocor. (2) Dalam keadaan genting, keluarga Beni selalu siap saling membantu.
Pada paragraf di atas, terdapat dua kata genting. Namun, genting pada kalimat (1) dan (2) memiliki makna yang berbeda. Pada kalimat (1), genting memiliki makna tutup atap rumah dari tanah liat. Pada kalimat (2), genting memiliki makna tegang atau berbahaya.


Kata yang memiliki kesamaan lafal dan ejaan dengan kata lain, tetapi berbeda maknanya disebut homonim. Makna kata-kata yang berhomonim bergantung pada konteks kalimatnya.

 

Contoh Kata

Berikut contoh kata-kata yang merupakan homonim. Coba bacalah kata-kata berikut dengan pelafalan yang tepat.

Anda dapat membuat kalimat dari kata-kata berhomonim. Kalimat yang Anda buat akan memiliki perbedaan konteks bergantung pada makna katanya. Perhatikan contoh berikut.

Kata: jangka
Kalimat 1: Kakak menggunakan jangka untuk menggambar lingkaran.
Kalimat 2: Ibu guru memberi tugas kelompok dengan jangka waktu satu minggu.

 

Penutup

Bagaimana? Sudah cukup jelas? Saya harap, Anda dapat lebih paham melalui apa yang saya bagikan kali ini. Saya juga telah menyiapkan powerpoint yang dapat digunakan untuk media pembelajaran di kelas. Berikut powerpointnya. 

 



Perhatian:
Media powerpoint ini dapat langsung digunakan, dengan cara memilih "Menu Opsi", lalu "Masuk ke layar penuh".

 

Semoga Anda terbantu dengan apa yang saya bagikan kali ini. Sampai jumpa di postingan-postingan yang lainnya. Jika ada pertanyaan, kesulitan, atau saran, bisa tulis di kolom komentar atau hubungi saya melalui Kontak.