√ Ekosistem - Media Pembelajaran Powerpoint - Anton DKei
Switch Mode |
Loading post...

Ekosistem - Media Pembelajaran Powerpoint

 
Halo para pengunjung sekalian! Selamat datang di blog saya ini.

Kali ini saya akan membagikan media pembelajaran powerpoint tentang Ekosistem. Media ini sebenarnya dulu adalah hasil dari tugas kuliah saya beberapa waktu lalu saat diminta oleh dosen saya membuat media pembelajaran powerpoint. Dari pada saya simpan sendiri lebih baik saya bagikan di sini agar dapat berguna bagi teman-teman yang membutuhkannya sebagai media pembelajaran. Terlebih di tengah pembelajaran jarak jauh seperti ini. Media pembelajaran yang menarik seperti ini pastinya sangat dibutuhkan.

Maka, pada kesempatan kali ini, seperti biasa saya membagikan kepada para pendidik yang membutuhkan media pembelajaran. Tentunya hal ini saya lakukan guna mempermudah dan membantu para pendidik untuk mengajar. Karena, saya tahu juga, tidak mudah dalam membuat media pembelajaran. Semoga dapat membantu.



Perhatian:
Media powerpoint ini dapat langsung digunakan, dengan cara memilih "Menu Opsi", lalu "Masuk ke layar penuh".


 

EKOSISTEM

Ekosistem adalah kesatuan utuh dari makhluk hidup dan lingkungan yang saling mempengaruhi. Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik, dan masing-masing tidak dapat dipisahkan. Makhluk hidup membutuhkan lingkungan sebagai tempat tinggal dan mencari makan. Sedangkan lingkungan juga membutuhkan makhluk hidup, contohnya untuk melakukan penyerbukan atau pupuk yang berasal dari kotoran dan sisa-sisa makhluk hidup.

Ekosistem memiliki 2 komponen yaitu komponen abiotik dan komponen biotik.

Komponen Abiotik

Komponen abiotik adalah komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Contoh komponen abiotik yaitu batu, udara, tanah, dan air.

 Komponen Biotik


 
Komponen biotik adalah komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda hidup. Contoh komponen biotik yaitu tumbuhan, manusia, dan hewan.
Komponen biotik dibedakan menjadi 3, yaitu:
  • Individu, yaitu organisme tunggal. Contohnya seorang manusia, seekor kucing, sebatang tanaman mawar, dan sebagainya.
  • Populasi, yaitu kumpulan individu yang sejenis dan hidup di suatu daerah dengan waktu tertentu. 
  • Komunitas, yaitu kumpulan berbagai populasi yang hidup di suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain.

Macam-Macam Ekosistem


 
Ekosistem dibagi menjadi 3 macam yaitu ekosistem darat, ekosistem air, dan ekosistem buatan.
Ekosistem darat meliputi:
  • Hutan Tropis, yaitu hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa
  • Taiga, yaitu daerah yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, cemara, dan sejenisnya.
  • Gurun, yaitu suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit - kurang dari 250 mm per tahun.
  • Padang rumput, yaitu daerah luas yang ditumbuhi oleh tanaman tidak berkayu yang memiliki curah hujan sekitar 150 mm/ tahun
Ekosistem air meliputi air laut, air tawar, dan terumbu karang. Sedangkan ekosistem buatan meliputi bendungan, sawah, dan perkebunan.

 

Formulir Kontak