SOAL-SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS IV SD SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2013

Sejak 2016 lalu, Kurikulum 2013 revisi 2016 mulai berlaku di sekolah-sekolah. Dalam kurikulum 2013 ini, terdapat beberapa perbedaan dengan kurikulum sebelumnya, salah satunya dalam penilaian. Ada 3 penilaian dalam kurikulum 2013, yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian ketrampilan.

Khusus saat ini, saya akan berbagi tentang penilaian pengetahuan. Penilaian pengetahuan terdiri dari Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Penilaian pengetahuan di Kurikulum 2013 berbeda dengan KTSP. Di KTSP, satu soal untuk satu mata pelajaran. Namun, dalam Kurikulum 2013, satu soal untuk beberapa mata pelajaran, yang terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar (KD).

Pembagian inilah yang kadang membuat kita para guru, merasa sedikit kesulitan dalam membuat dan menyusun soal PH, PTS maupun PAS. Maka pada kesempatan kali ini, saya sedikit berbagi soal-soal PH yang sudah saya susun dalam pembelajaran saya di kelas IV. Soal-soal saya hanya soal kelas IV, karena saya guru kelas IV. Jika saya memiliki kesempatan lain, saya akan tambahkan dengan soal-soal dari kelas lain.

Tak perlu panjang lebar lagi, berikut saya berikan daftar dan link download dari soal-soal PH SEMESTER GANJIL yang telah saya susun. Berikut daftarnya:

TEMA 1 “INDAHNYA KEBERAGAMAN”

TEMA 2 “SELALU BERHEMAT ENERGI”

TEMA 3 “PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP”

TEMA 4 “BERBAGAI PEKERJAAN”
  • PH Tema 4 Sub Tema 1 “Jenis-Jenis Pekerjaan”
  • PH Tema 4 Sub Tema 2 “Pekerjaan di Sekitarku”
  • PH Tema 4 Sub Tema 3 “Pekerjaan Orang Tuaku”

TEMA 5 “PAHLAWANKU”
  • PH Tema 5 Sub Tema 1 “Perjuangan Para Pahlawan”
  • PH Tema 5 Sub Tema 2 “Pahlawanku Kebanggaanku”
  • PH Tema 5 Sub Tema 3 “Sikap Kepahlawanan”