Media Powerpoint Pembelajaran Pecahan

 
Sebagai seorang guru, memilih metode dan media pembelajaran merupakan hal penting dalam keberhasilan pembelajaran di kelas. Dengan metode dan media yang tepat, materi yang disajikan akan dapat diterima oleh peserta didik dengan baik.

Begitu pula saya, saat menyajikan materi pecahan, saya memakai media powerpoint dan video animasi yang saya buat. Sebagai informasi saja, saya membuat video animasi pembelajaran untuk kelas saya dan saya upload di channel YouTube saya. Silakan berkunjung.
 
Screenshot tampilan video animasi pecahan yang saya pakai saat pembelajaran.
 
Kembali ke topik. Ketika saya menyajikan materi pecahan dengan media yang saya buat, saya senang dengan respons anak-anak. Ada yang berkata, "Enak ya pelajaran kayak gini. Jadi mudah nyantol (menangkap materi)." Artinya, pembelajaran dengan media yang menarik akan juga membuat anak-anak menjadi antusias dalam belajarnya. Bahkan, bisa jadi membuat pelajaran matematika bukan menjadi pelajaran yang menakutkan.


Screenshot tampilan Slide Powerpoint pecahan yang saya pakai saat pembelajaran.
 
Tanpa saya duga sebelumnya, ternyata media ini begitu menyenangkan karena di dalamnya berisi animasi gambar berwarna, yang dapat membantu pemahaman anak-anak.

Video yang saya upload di channel YouTube saya juga saya gunakan sebagai media belajar anak-anak di rumah. Sehingga mereka dapat mengulang pembelajaran yang saya berikan sambil menonton video tersebut. Harapannya, video itu dapat menjadi pendamping anak-anak belajar dan membantu orang tua untuk ikut mendampingi putra-putrinya dalam belajar tentang materi yang saya berikan. Mungkin teknik ini dapat digunakan oleh bapak-ibu guru sekalian, memanfaatkan media YouTube untuk belajar.

Bagi rekan guru yang ingin menggunakannya, saya bagikan gratis di sini. Karena saya ingin membantu mencerdaskan anak-anak bangsa di tempat di mana Anda berada. 


 
Video Animasinya dapat dilihat